Keselamatan Kerja

Keselamatan Kerja

Kesehatan dan keselamatan kerja dengan kata lain K3, yaitu factor penunjang agar suasana nyaman dan aman saat bekerja, tetap terjaga. Para pekerja maupun masyarakat yang berada di sekitar area kerja, harus mendapat jaminan keselamatan, dan sudah pasti kesehatan. Hal ini juga merupakan sebuah usaha, agar angka kecelakaan saat bekerja dapat dikurangi seminimal mungkin.

Hadirnya K3 ini muncul saat revolusi industry demikian gencar dilakukan di Eropa, seperti Inggris, Perancis, dan Jerman. Pada masa ini, industry mulai berubah dari tenaga manusia, jadi memakai beragam alat dan mesin untuk memudahkan dan perbanyak jumlah produksi.

Pada awalnya, kecelakaan dalam bekerja, dikira sebagai kemungkinan pekerja. Hingga perusahaan atau pengelola terlepas dari tuntutan. Dan dalam perubahannya, lalu jadi tanggung jawab pengelola, perusahaan, pekerja, dan orang-orang yang ada di lingkungan tempat bekerja itu.

Di Indonesia sendiri, kesadaran akan keselamatan kerja sudah dicanangkan mulai sejak zaman pendudukan Belanda, tepatnya pada 1908. Saat itu, pemerintah Hindia Belanda menekan ada sebuah ketentuan sesuai keadaan ekonomi regional tertentu, agar tetaplah melindungi safety. Dan, di masa modern ini, SOP atau Standard Operation Procedure terkait sangat erat dengan K3.

Mengenai banyak hal yang perlu dilakukan untuk penuhi K3 yaitu, perlindungan diri standard, seperti memakai helm di areal pabrik, sepatu yang sesuai dan memiliki susunan besi, sampai baju yang sesuai dengan keadaan pekerjaannya. Jadi, tidak mungkin seseorang pemadam kebakaran, memakai baju seperti perenang professional.

Ada ketentuan tentang K3 ini, tidak lain mempunyai tujuan untuk anggota pelindungan untuk beberapa pekerja. Diluar itu, maksudnya juga untuk mengangkat derajat kesehatan orang-orang terutama beberapa pekerja ke tingkat yang setinggi-tingginya. Lalu, untuk meletakkan pekerjaan sesuai sama kekuatan si pekerja tersebut baik dalam soal mental ataupun keadaan fisiknya.

Permasalahan Occupational Health di Indonesia, juga sudah ditata dalam undang-undang negari, yakni UU keselamatan Kerja No. 1 th. 1970. Karenanya ada UU Keselamatan Kerja ini, pasti dapat menghindar terjadinya kecelakaan kerja, menanggung suatu sistem produksi jalan teratur dan sesuai gagasan, hingga berikan perlindungan keselamatan untuk beberapa pekerja dalam melakukan pekerjaannya. Diluar itu, UU ini dapat bermanfaat untuk kesejahteraan dan tingkatkan produksi dan produktivitas nasional.

Selanjutnya lagi, kesehatan kerja juga memiliki jalinan erat, karena adalah salah satu elemen kunci dari K3. Mengenai ebberapa hal yang melipute kesehatan kerja yaitu :

Kemampuan kerja

Tujuannya yaitu, sebuah kejelasan tentang posisi seorang dalam pekerjaannya. Dengan posisi yang pasti, pasti akan beresiko positif untuk kemampuannya. Diluar itu, gizi harus juga di perhatikan, untuk meyakinkan sekaligus melindungi kestabilan kerja seorang.

Beban kerja

Beban kerja yang didapatkan, telah semestinya bila sesuai dengan kekuatan dan kemampuan si pekerjanya. Karena, bila kualifikasinya kurang dari yang disyaratkan, maka pastinya pekerjaan itu tidak akan usai dengan baik. Beban kerja yang terlalu banyak pula di pastikan dapat mengganggu keadaan kesehatan.

Beban tambahan

Beban penambahan di sini bermakna beberapa hal lain yang memiliki kemungkinan pada pekerja, seperti kebisingan, debu, dan lain sebagainya. Kebisingan juga jadi salah satu poin dalam K3. Beragam alat yang dipakai untuk bekerja, seperti pakaian safety, helm safety, sepatu safety, kacamata safety dll terutama pekerjaan berat seperti konstruksi, bengkel, dan lain sebagainya, memiliki banyak perlengkapan dengan tingkat kebisingan beragam. Ini perlu dijaga agar beberapa nada itu masihlah berada di ambang batas aman, hingga tidak memiliki resiko mengakibatkan kerusakan pendengaran.

Debu juga jadi factor alergi untuk sebagian orang. Untuk yang tidak memiliki alergi debu, bias saja penglihatan jadi terganggu, akibat terjangan debu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s